Perbedaan Batu Akik Dan Permata (Batu Mulia)

Bagi pemula yang baru mengenal berbagai jenis batu akik, batu mulia atau permata mungkin akan merasa kebingungan membedakan diantara nama tersebut. Apa yang membedakan antara keduanya? Sebenarnya 2 nama itu mengacu pada sebuah batuan alam yang hampir sama.

Pada saat orang meyebut batu akik mungkin sebagian dari mereka akan terbayang sebuah cincin, bermata batu dengan warna hitam, coklat, merah belang-belang, bergambar atau warna lain yang terkesan misterius dan pemakainya identik dengan orang yang memakai udeng di kepala dengan baju hitam sambil bakar kemenyan, mulut berkomat kamit mungkin sedang baca mantra
1 batu-permata
Batu permata identik dengan perhiasan indah berupa liontin, anting-anting, cincin dengan kemilau berlian dan ditengahnya terdapat batu bersinar indah hijau, merah, ungu atau warna lain yang sangat indah dan pemakainya orang-orang berbaju bagus dan bermobil

Padahal keduanya sebenarnya merujuk pada batu yang sama yaitu batu alam yang mengkristal dan mengendap selama ribuan tahun bahkan jutaan tahun dalam perut bumi lalu terbentuklah sebuah batuan dengan aneka corak dan warna yang indah.

Perbedaan batu akik dan permata hanya terletak tingkat kekerasan. Batu Akik atau yang juga disebut agate memiliki kekerasan rata-rata dibawah 7 skala mohs, sedang permata diatas 7.5 sampai 10 skala mohs. Batu akik memiliki warna lebih beragam dengan warna-warna yang mempesona ketimbang permata atau batu mulia. Pilih yang mana?

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *