Batu Berlian (Diamond)

Berlian atau Diamond adalah sebuah benda alam yang ditemukan6 dalam perut bumi dan terbentuk sejak ribuan bahkan jutaan tahun di dasar bumi. Proses terbentuknya terjadi secara alami dalam temperatur dan tekanan sangat tinggi sehingga menghasilkan meterial kristal yang sangat keras dengan tingkat kekerasan 10 pada skala mohs.

Istilah Diamond pada batu ini asal kata dari Adams bahasa Yunani Kuno yang berarti ‘Tak Terpatahkan’ anti pecah dan sangat kuat, sekaligus melambang karakteristik pada batu itu sendiri sebagai batu terkeras di bumi sehingga mampu merefleksikan cahaya dan keindahan luar biasa.
berlian-1 -M0019I8382110Kesempurnaan struktur pada batu Diamond telah menempatkan batu ini sebagai “Raja Permata,” dengan segala keindahan dan keunikanya membuat batu ini menjadi batu permata termahal di dunia dan mengalahkan semua jenis batu yang ada saat ini. Namun demikian setiap penggemar dan kolektor memiliki pandangan berbeda menilai sebua keindahan pada sebuah batu mulia.

Red-diamond -M0019I8382110 blue-diamond -M0019I8382110
Batu Cincin Berlian Merah Dan Biru

Kekuatan berlian sebagai batu dengan tingkat kekerasan tinggi menjadikannya tahan terhadap berbagai benturan terhadap panas api. Sehingga dalam kepercayaan masyarakat Yunani kuno berlian dipercaya terbentuk dari air mata para dewa, sedangkan dalam kehidupan masyarakat Romawi berlian dipercaya sebagai serpihan bintang jatuh.

Baca: Batu Mata Kucing (Cat’s Eye)

Selama berabad-abad dan sepanjang sejarah, berlian telah mewarnai perjalanan hidup manusia dan menempatkan berlian sebagai simbol keindahan, kekuatan, kemurnian dan simbol kehormatan bagi pemiliknya, bahkan sampai saat ini berlian masih dijadikan sebagai simbol kememewahan dan kekayaan.

Dalam banyak kebudayaan berlian tidak hanya dipandang dari sisi keindahannya tapi juga dianggap sebagai batu sakral yang mengandung daya magis tinggi, Karena itu banyak yang beranggapan mengenakan berlian dipercaya dapat memudahkan jalan hidupnya dan berlimpah keberuntungan.

Khasiat Batu Berlian

  • Sebagai simbol cinta
  • Kemewahan dan keindahan
  • Dipercaya sebagai batu spiritual sejak ribuan tahun
  • Meningkatkan penglihatan batin
  • Merangsang kreativitas, kecerdasan, imajinasi, membuka pikiran dan mencerahkan
  • Menambah ketenangan dan ketentraman batin
  • Media melihat secara jarak jauh (telepati)
  • Mendorong perkembangan psikis (kejiwaan)

Berlian terbentuk secara alami dan mengendap dalam perut bumi selama jutaan tahun, yang terdiri dari karbon murni adalah unsur dasar kimiawi kehidupan. Batu ini banyak ditemukan di penambangan Afrika tengah dan selatan. Tapi juga banyak ditemukan dibeberapa negara seperti Kanada, Rusia, Brazil, dan Australia

Berlian terdiri dari berbagai warna seperti hitam (black diamond), Berlian merah (red diamond), kuning, pink dan biru. Harga batu berlian juga bervariasi tergantung pada kelangkaan dan warna

Hingga saat ini batu berlian masih menempati urutan tertinggi dari semua batu permata termahal di dunia misalnya sebuah batu berlian bisa terjual 250 Dollar/karat dan merupakan jenis batu berlian termahal di dunia saat ini.

Advertisement

One thought on “Batu Berlian (Diamond)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *